Pentingnya Moderasi Komentar di Blog


Masmalven.com - Komentar sendiri bisa kita temukan sehari hari, mulai dari pergaulan, sosial media, hingga blog sekalipun. Meski isi dari komentar tersebut ada yang penting dan tidak penting. Ada juga komentar yang membangun dan ada juga komentar yang menjatuhkan.

Kotak Komentar merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah blog. Tapi ada juga beberapa blogger menghilangkan fitur ini.

Lantas, bagaimana cara kita mengatasi komentar Spam? Dengan memoderasi komentar di blog Anda. Dari situ, Anda bisa mengendalikan atau mengontrol setiap komentar yang masuk ke blog Anda.

Maka dari itu, keberadaan kotak komentar ini dapat mendatangkan manfaat jika kita mampu mengelola dengan baik. Apa saja itu? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Apa saja keuntungan memiliki kotak komentar di blog?
Kolom komentar ini dapat mempertemukan antara pemilik blog dan pembaca. Sehingga terjadi interaksi dari kedua belah pihak untuk mencari dan mendapatkan sesuatu terkait topik yang dibahas. Selain itu, pemilik blog dan pembaca dapat menjalin keakraban atau silaturahmi di dunia maya karena saling berkomunikasi.

Kentungan lainnya, artikel kita bisa dibagikan oleh pembaca karena memberikan manfaat. Tapi ada  yang membawa dampak positif ketika komentator memberikan komentar yang baik. Ada juga yang membawa dampak negatif ketika komentator tersebut memberikan komentar yang buruk, seperti SPAM.

Bagaimana cara kita moderasi komentar tersebut agar tidak semua komentar terpublikasikan secara langsung pada artikel yang ada di blog?

Ada dua cara moderasi komentar yakni secara manual dan menggunakan plugin.

Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa layanan blog yang memiliki sebuah fitur yang dapat memoderasi komentar. Nah, fitur tersebut kita dapat menentukan komentar mana yang layak untuk ditampilkan pada tulisan yang bersangkutan di blog kita.

Moderasi komentar ini dimiliki oleh layanan blog seperti Blogger.com, dan WordPress. Kalau di WordPress biasanya para pengguna diberikan sebuah fitur plugin yang bernama Akismet. Plugin Aksimet dapat menyaring komentar-komentar yang dianggap SPAM.

Menurut masmalven, moderasi komentar perlu untuk dilakukan. Saya menggunakan komentar dari Disqus di blog dan saya rutin moderasi komentar yang masuk ke blog saya. Karena saya pernah menemukan komentar yang bersifat SPAM yang isinya sama sekali tidak berhubungan dengan artikel. Selain itu, ada juga komentar yang isi link nya menuju ke web atau blog SPAMMER. Mereka tanpa ada kata-kata khusus yang mereka tujukan untuk tulisan yang dibuat.

Ada beberapa Blogger tidak moderasi komentar di blog mereka
Berbeda dengan blog yang mengaktifkan komentar, mereka lebih memilih untuk tidak memoderasi komentar yang masuk ke blognya.

Mereka ada bagusnya sih, karena mereka menghindari komentar yang bersifat SPAMMER. Selain itu, SPAMMER ini memanfaatkan fitur komentar untuk memasang link untuk tujuan SEO. Pasti menjengkelkan bukan?

SPAMMER ini ada yang menggunakan software yang mengirimkan komentar. Kalau seperti itu, blog kita akan terlihat tidak profesional atau kehilangan peringkat di Google.

Terlepas dari itu, sebaiknya kita tetap memberikan ruang bagi pembaca untuk menyalurkan pikiran mereka dari tulisan yang kita publikasikan.

Moderasi atau tidak dimoderasi? Semua tergantung pada Anda sebagai pemilik blog. Tidak sepenuhnya ada komentar SPAM. Ya kan?

Karena kolom komentar dapat menciptakan opini, masukan, dan kritikan yang berhubungan dengan artikel yang kita posting.

Demikian pembahasan tentang Pentingnya Melakukan Moderasi Komentar di Blog. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel