-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta di Youtube

cara-menghindari-copyright-content-di-youtube

Masmalven.com - Pada artikel kali ini saya akan ungkap kasus-kasus yang sering terjadi pada Youtubers. Bagaimana cara menghindari Copyright saat upload video di Youtube? Meski saya bukan Youtuber, tapi saya pernah terjun membantu teman, dan tetangga saya dalam bidang musik.

Bagi Anda yang baru terjun di dunia Youtube, harus tahu aturan yang diberlakukan kepada Content Creatornya. Anda bisa membaca secara lengkap di Dasar-dasar Teguran Hak Cipta

Youtube adalah situs web yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Hadirnya Youtube disambut antusias oleh berbagai konten kreatif dan masyarakat dunia. Selain itu, Youtube juga disebut sebagai salah satu profesi yang cukup menggiurkan. Tak hanya itu saja, para artis dan stasiun televisi juga memanfaatkan youtube sebagai bagaian perkembangan zaman serta mendapatkan penghasilan (income) dari youtube.

Darimana penghasilan Youtube dan Content Creatornya?

Youtube merupakan salah satu produk dari Google dan mendapatkan izin untuk menayangkan iklan di video yang di upload.

Content Creatornya mendapatkan 45% dari iklan, sementara Youtube mendapatkan 55%.

Untuk persyaratan Google Adsense, channel yang sudah layak telah memiliki 4000 jam tayang dan 1000 subscribe. Dari hal tersebut, Google Adsense akan menerima channel tersebut dan mulai menampilkan iklan.

Untuk mencari income tentu Anda tak boleh semena-mena melanggar aturan yang diberlakukan. Jika konten atau video diupload oleh Youtuber merupakan hasil dari kreatifitas pribadi maka hal ini tak menjadi persoalan. Tapi kalau konten Anda melibatkan atau mengambil hasil karya orang lain tanpa izin maka Anda harus terima konsekuensinya.

Untuk membuat Video Youtube, Anda pelu bahan seperti kamera dan audio yang cukup baik sehingga menghasilkan kualitas video yang bagus. Selain itu, Anda juga perlu software edit video atau aplikasi edit video yang bisa Anda temukan di internet dan google play store.

Tapi yang sangat disayangkan adalah banyak orang-orang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video atau audio milik orang lain tanpa izin. Jika hal itu Anda lakukan terus-menerus maka lambat laun channel Youtube Anda akan kena peringatan oleh Youtube. Itu karena salah Anda sendiri, benar gak?

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita pahami Apa itu Youtube Copyright Strike (Pelanggaran Hak Cipta) di Youtube?

Apa itu Copyright Strike di Youtube?
Youtube Copyright Strike adalah Sebuah video yang terindikasi menggunakan konten tidak original atau karya orang lain.

Sehingga salah satu video dari Channel Anda tidak akan dimonetisasi oleh pemilik hak cipta.

Sekarang, Youtube memang sangat ketat dalam menjaga originalitas atau konten ber-hak cipta setiap video yang diunggah. Anda bisa melihat formulir permohonan khusus atau formulir claim bagi pemilik yang merasa karyanya dicuri tanpa izin oleh salah satu channel Youtube.

Contoh Kasus 1 Pelanggaran Hak Cipta di Youtube
Brahma memiliki anak yang lucu, saking lucunya brahma merekam kegiatan anaknya dan mengunggahnya di channel Youtube. Brahma senang mendengarkan musik Tones And I berjudul Dance Monkey, sehingga brahma menjadikan lagu tersebut sebagai backsound sebelum menggunggahnya ke Youtube.

Lagu Dance Monkey dari Tones And I merupakan lagu ber-hak cipta. Apa akibatnya? Salah satu video brahma terkena Copyright Strike secara otomatis.

Contoh Kasus 2 Pelanggaran Hak Cipta di Youtube
Adi sedang menonton video, tiba-tiba ada video yang menarik untuk ditonton. Adi merasa jika video tersebut bisa disukai oleh ribuan bahkan jutaan viewers. Jika video tersebut di upload ke Youtube. Adi memutuskan untuk menyalin link untuk didownload.

Setelah mendownload, Adi akhirnya mengubah sedikit video tersebut ke Youtube melalui akun pribadinya. Tapi pemilik asli video mengetahui aktivitas Adi tersebut, dan merasa bahwa Adi mmelanggar hak cipta. Akhirnya, mereka melaporkan video Adi agar ditindak lanjuti oleh Youtube.

Cara Agar Video Terhindar dari Copyright Strike di Youtube

1. Anda gunakan audio atau musik non copyright
Anda bisa mendapatkan dan menggunakan musik secara gratis dari audio library. Banyak Youtuber menggunakan Audio Library dan NCS / Non Copyrighted Song.

2. Anda gunakan lagu populer versi Remix atau Cover
Ini sama seperti kasus Adi, dimana Anda ingin menggunakan lagu musisi terkenal yang sedang populer. Anda bisa mencari lagu tersebut namun dalam bentuk cover atau remix ya.

Jika Anda sudah menggunakannya, Anda tetap harus minta izin terlebih dahulu kepada pemilik lagu Cover atau Remix tersebut.

3. Jangan sekali-kali Re-upload ber-Hak Cipta milik orang lain
Anda jangan pernah melakukan upload ulang atau re-upload video Youtube milik channel atau video orang lain dan televisi. Jika Anda masih tetap saja ingin menggunakan video tersebut, maka pastikan tidak seluruhnya (gunakan sebagian saja).

Nah, penggunaan kembali video ber-hak cipta diizinkan oleh Youtube selama masih dalam kategori Fair Use atau penggunaan yang wajar.

4. Anda gunakan video atau musik berlisensi Creative Commons (CC)
Bagaimana cara mencari dan menemukan video berlisensi Creative Commons?


1. Silahkan Anda buka Youtube
2. Anda Masukkan Kata Kunci dalam pencarian
3. Klik Enter
4. Anda klik Filters dan Pilih Creative Commons


Semua video akan muncul adalah berlisensi creative commons, Anda hanya perlu download dan upload. Alangkah baiknya jika Anda mengedit ulang menjadi kompilasi dan buat semenarik mungkin.

Cara downloadnya bagaimana mas?

Jika di komputer Anda sudah terinstal Internet Download Manager (IDM), maka Anda akan dengan mudah mendownload video yang ada di youtube. Silahkan pilih kualitas video yang bagus dengan resolusi yang besar.

Jika tidak ada, cari website converter di Google untuk mendownload video tersebut.

Tapi, apa yang harus saya lakukan jika video terkena Copyright Strike?
Yuk ketahui, beberapa hal yang biasa terjadi terhadap sebuah video ketika terindikasi melakukan tindakan pelanggaran hak cipta.
Video Anda dimute - Video Anda akan tetap muncul tapi suara atau audio yang melanggar hak cipta akan dihilangkan.
Video Anda diblokir - Bisa saja video Anda diblokir secara permanen di negara tertentu bahkan bisa berimbas pada penghentian channel Youtube atau Channel Suspended.
Video Anda dimonetisasi oleh pemilik hak cipta - Semua royalti atau penghasilan dari video Youtube tersebut menjadi milik pemegang hak cipta.
Statistik Video Anda bisa diakses oleh pemilik hak cipta.

Namun, apa yang terjadi jika saya melanggar hak cipta di Youtube?
Kembali lagi pada kasus pelanggaran hak cipta, biasanya Youtube hanya akan melakukan ke empat hal diatas. Tapi tidak jarang pelanggaran hak cipta berujung ke pangadilan dan penggantian rugi.

Anda sudah paham mengenai Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta di Youtube? Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Anda tetap berkarya dengan lebih baik. Jadilah Youtuber berkualitas dengan mentaati peraturan yang diberlakukan. Terima kasih.
... ...