Tips Penguat Sinyal HP saat Koneksi Buruk

Tips Penguat Sinyal HP saat Koneksi Buruk
Tips untuk memperkuat sinyal ponsel ketika koneksi hp memburuk
Masmalven.com - Pemakaian ponsel itu sendiri sangat tergantung dengan sinyal seluler yang dapat ditangkap. Namun, terkadang Handphone (HP) melemah pada kondisi tertentu. Beberapa cara tips penguat sinyal berikut bisa dipraktikkan untuk memperkuat sinyal lagi.

Sinyal akan terasa melemah jika sedang berada di tempat-tempat yang tidak strategis, misalkan pedesaan maupun pegunungan sehingga mengakibatkan ponsel kehilangan jaringan. Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan mencoba beberapa cara dibawah ini:

Pindah Lokasi

Sinyal merupakan gelombang elektromagnetik yang sangat mudah terhalang oleh material konstruksi seperti logam, aluminium, dan juga beton. Hal itu bisa menjadi penyebab mengapa sinyal ponsel sangat lemah ketika berada di basement ataupun gedung tinggi.

Selain itu, berada di lokasi yang ramai juga bisa menjadi alasan misalnya di dalam sebuah pertandingan olahraga atau sebuah konser. Menurut Business Insider, hal ini terjadi karena ada banyak perangkat seluler yang bersaing untuk mendapatkan jaringan.

Apalagi kebanyakan orang pada momen tersebut memanfaatkannya untuk mengunggah foto dan video yang cukup berat. Sementara jaringan yang tersedia di lokasi tersebut kapasitasnya sangatlah terbatas.

Carilah lokasi yang terbebas dari halangan logam maupun beton dan hindari keramaian untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Jika keadaannya tidak memungkinkan, coba diamkan hp itu mengunggah foto dan video dengan sendirinya atau keluar dari tempat tersebut.

Lepas Casing

Menggunakan sampul atau casing tambahan pada ponsel bisa menjadi alasan melemahnya sinyal. Apalagi jika sampul tersebut karet yang padat atau keras (tidak lentur). Jika ini terjadi, cobalah untuk melepas sampul atau casing itu untuk meningkatkan penerimaan sinyal.

Aktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Cara yang cukup mudah ini sering dilakukan untuk memperbaiki koneksi sinyal dengan cepat. Untuk ponsel Android, kalian hanya perlu menarik ke bawah tampilan layar ponsel dan pilih ikon bergambar pesawat.

Jika sudah diaktifkan mode tersebut, secara otomatis akan mematikan seluruh jaringan baik itu seluler, wifi, maupun bluetooth. Dilansir dari CNET, nonaktifkan mode setelah menunggu sekitar 30 detik dengan cara mengetuk kembali ikon tersebut.

Sama halnya dengan Android, ponsel iOS juga bisa melakukan hal yang serupa. Caranya dengan menarik tampilan layar ke atas untuk membuka panel bawah. Kemudian pilih ikon pesawat dan tunggu beberapa saat sebelum menonatifkannya.

Nyalakan Ulang Ponsel (Restart Ponsel)

Jika dengan menggunakan mode pesawat masih belum memperbaiki kondisi sinyal, cara lain yang bisa kalian lakukan adalah menyalakan ulang ponsel. Tekan tombol power pada bagian ponsel hingga muncul pilihan untuk restart pada ponsel Android. Sementara itu, kalian bisa lakukan hal serupa pada iPhone.

Lepas Kartu SIM

Nah, jika seluruh cara diatas telah dilakukan, selanjutnya coba dengan melepas kartu SIM yang terpasang pada ponsel kalian. Untuk melakukannya, kalian membutuhkan alat khusus (tusuk) yang biasanya ada dalam satu paket ketika membeli ponsel.

Jika keadaan tidak memungkinkan, coba gunakan paperclip yang telah dibuka untuk mengeluarkan wadah kartu SIM. Kemudian masukkan kembali kartu setelah menunggu beberapa saat.

Gunakan Wifi

Jika memungkinkan, kalian dapat mencari Wifi terdekat dan menyambungkannya untuk mengakses internet. Sayangnya, Wifi tidak dapat membantu apabila ingin melakukan panggilan seluler maupun mengirim SMS.

Pasang Penguat Sinyal

Dengan alat ini, bisa jadi mengatasi permasalahan sinyal di tempat kalian yang mungkin terhalang sinyal atau jauh dari jangkauan tower BTS.

Dilansir dari Grizmodo, alat penguat sinyal ini bekerja dengan cara mengambil sinyal dari suatu tempat yang masih menerima sinyal kemudian menguatkannya ke seluruh area yang terpasang alat tersebut. Biasanya penguat sinyal ini menggunakan antena yang terpasang di atap dan menyambungkannya ke antena internal untuk menyalurkannya ke perangkat-perangkat yang membutuhkan.

Untuk mendapatkannya, kalian bisa membelinya melalui online dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel