Peran Fitur Hashtag Untuk Maksimalkan Marketing Online Anda

Peran Fitur Hastag

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang apa dan bagaimana memanfaatkan fitur Hashtag (#) untuk mendukung kegiatan marketing online Anda. Sebelum masuk ke pembahasan, sepertinya tidak perlu dijelaskan secara detail apa fitur Hashtag itu sendiri hehehehe. Pasti kawan blogger sudah tahu, tapi artikel ini untuk Anda yang belum mengenalnya.

Fitur hashtag adalah fitur yang pertama kali di populerkan oleh sosial media Twitter. Fitur ini mempunyai fungsi seperti penanda tema atau topik tertentu. Untuk penggunaannya, masih banyak orang yang belum mengerti potensi yang tersimpan dalam fitur tersebut. Ketika Facebook memberikan fitur tersebut pada layanannya, menurut saya hasilnya gagal total. Kenapa begitu?

Anda bisa melihat bagaimana fitur hashtag di Facebook lebih sering di gunakan untuk menandai kata-kata aneh, dan tidak penting. Padahal fungsinya adalah untuk mempermudah kita menemukan suatu topik pembahasan khusus yang nantinya bisa meningkatkan keterkaitan antar pengguna.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana memanfaatkan fitur hashtag sebagai media marketing online Anda, berikut ini pembahasannya.

Fungsi Pengelompokan Hashtag

Fungsi ini awalnya dikembangkan oleh pendiri Twitter sebagai pembatas, pengelompok ataupun pemisah antar tema pembahasan atau topik yang sedang di bicarakan.

Para online marketer, dari fungsi awal penciptaan hashtag tersebut kita seharusnya bisa menyadari dengan menggunakan hashtag kita bisa melakukan lebih. Contohnya, untuk mempermudah kita mengelompokkan materi promosi usaha online kita. Jika Anda sudah mengirimkan banyak tweet promosi di Twitter misalnya, pastinya ada beberapa jenis tweet dengan tujuan berbeda seperti tweet menawarkan diskon, barang baru, program cuci gudang atau kontes online. Anda juga bisa memberikan hashtag khusus di akhir tweet Anda seperti #diskon #promo atau yang lainnya, sehingga customers mengerti maksud dari tweet hanya dengan sekali baca.

Fungsi tersebut bisa dikembangkan untuk memberikan pesan tambahan kepada para customer. Maksudnya, kita bisa mengkombinasikan beberapa hashtag ke dalam satu posting/update status. Fungsinya apa? Dengan beberapa hashtag dalam satu konten akan membuka kesempatan para pelanggan untuk mendapatkan beberapa informasi yang berbeda.

Kita juga harus memperhatikan informasi yang dimasukkan tetap relevan antar satu dengan yang lain dan jangan sampai terlalu alay dengan memasukkan terlalu banyak hashtag.

Saya beri contoh "Cari sepatu branded terbaru? Kami punya pilihannya #promo #newproduct #brandedshoes".

Fungsi Personal Branding Hashtag

Fungsi kedua adalah sebagai media personal branding. Dengan melihat tren yang ada, kita bisa memanfaatkan hashtag untuk memperkenalkan usaha kita lebih luas lagi. Misalnya, seperti yang dapat kita lihat dari fenomena trending topic di Twitter.

Berawal dari sebuah tema bisa menjadi viral dan menyebar dengan cepat. Hal tersebut tak lain karena fitur hashtag telah dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Kita dapat menempatkannya sebagai strategi marketing online.

Caranya bagaimana? Kita bisa menggunakan teknik mengikuti. Sebenarnya teknik ini sudah banyak dipakai meskipun belum maksimal. Banyak marketing online tidak menyadari dengan satu hashtag yang unik saja bisa menjadi kan bisnis kita terlihat menarik. Misalnya Anda memasukkan hashtag yang mencantumkan brand usaha dengan sebuah topik populer yang biasanya saya sebut dengan hashtag personal branding.

Anda masih ingat dengan fenomena jilbab Aisyah? Setelah tayang di film Ayat Ayat Cinta, model jilbab seperti yang dipakai Aisyah (salah satu pemeran utama) menjadi begitu terkenal dan banyak orang ingin tahu dan memakai jilbab tersebut. Hal ini bisa kita terapkan sebagai hashtag personal branding, kita bisa melihat celah topik yang populer dan sama dengan usaha yang ingin dipromosikan serta merilis hashtag unik karya kita sendiri.

Jangan sampai kita memberikan informasi yang tidak relevan atau tidak berkaitan.

Demikian penjelasan tentang peran fitur hashtag untuk memaksimalkan marketing online Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel