Apa itu SEO? Pengertian dan Cara Kerja SEO

Pengertian dan cara kerja SEO

Kalau kamu pernah melakukan pencarian website di Google, Yahoo, atau mesin pencari lainnya, kamu akan melihat daftar website yang ter-percaya atau relevan dengan pencarian kamu.

Search engine atau yang dikenal dengan mesin pencari web, mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website.

Terdapat banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari web untuk menentukan kedua faktor tersebut. Hal inilah yang melatar-belakangi SEO.

Menurut para praktisi, SEO adalah berkas-berkas yang tersimpan dari program komputer dalam layanan www, ftp, publikasi, ataupun news group dalam suatu jaringan.

Mesin pencari web menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website berdasarkan tingkat relevansi suatu website dan rangking.

Dengan menerapkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar friendly dengan algoritma tersebut.

Mengapa SEO penting bagi website?

Sejak adanya mesin pencari web seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine optimization.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai kelima mendapatkan total klik kumulatif kurang lebih 50%.

Dari data yang diambil, peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%.

Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website kamu, dengan bantuan SEO kamu bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari. Pastinya kamu senang bukan?

Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari web merupakan orang-orang yang membutuhkan informasi. Kalau kamu memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi terbesar.

Inbound marketing juga bagian dari SEO yang merupakan teknik marketing modern di era digital saat ini.

Jika kamu belum mengerti Inbound marketing adalah sebuah teknik pemasaran terbaru yang saat ini beranjak popular didunia marketing, yaitu proses agar dapat ditemukan oleh calon konsumen atau pelanggan. 

Pemasaran Inbound marketing, termasuk SEO merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Konsep dasar SEO
Mesin pencari web seperti Google, Yahoo, dan mesin pencari lainnya adalah sebuah wadah atau produk. Mereka ingin pengguna internet puas menggunakan layanan mereka.
Pengguna menginginkan supaya website terbaik dan relevan dengan pencarian muncul dihalaman pertama (Page 1). Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil yang terbaik untuk setiap kunci atau keyword yang dimasukkan oleh pengguna internet.
Kesimpulan dari SEO adalah buat website kamu sebaik mungkin untuk kata kunci atau keyword yang kamu inginkan.
Dalam segi apa website yang terbaik itu?
  1. Konten yang dibuat
  2. Struktur dan Navigasi
  3. Kepuasan Pengguna
  4. Popularitas

Dalam panduan SEO ini kita dapat mempelajari bagaimana website/blog kamu bisa menjadi yang terbaik dari pesaing kamu.

Apakah website saya bisa tanpa SEO?

Pasti bisa!!

Dengan memperhatikan konsep dasar SEO diatas, kamu sebenarnya tidak perlu bingung memikirkan SEO. Tidak jarang orang memiliki website yang populer tanpa mengerti SEO.

Dalam prakteknya SEO lebih dominan sebagai usaha marketing daripada teknikal.

Kemungkinan website kamu masih butuh sedikit usaha lagi untuk bisa berhasil. Selain itu, kamu bisa sukses jika mengetahui teknik SEO.

Apakah saya bisa melakukan SEO?

Sesungguhnya SEO bisa kamu lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa. Meskipun ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa SEO.

Dengan adanya panduan SEO yang disediakan secara gratis di internet termasuk "panduan ini hehehe", kamu bisa belajar secara otodidak dan menerapkannya sendiri.

Otomatis kamu sudah menghemat uang jutaan rupiah dengan melakukan optimasi sendiri. Sayang kan, jika uang yang kamu keluarkan sia-sia dan bisa jadi kamu kebingungan saat melakukannya sendiri. 

Kalau website kamu punya struktur yang rumit misalnya toko online atau web-app, kemungkinan kamu membutuhkan jasa SEO untuk menyederhanakan struktur yang ramah terhadap mesin pencari.

Apa yang harus saya pelajari?

Beberapa komponen SEO, akan menentukan seberapa baik website kamu. Komponen inilah yang juga bisa menentukan rangking hasil di mesin pencari (search engine).

Ada 6 komponen SEO yang perlu kamu pelajari:
  1. Optimasi halaman website
  2. Lakukan riset kata kunci (keyword research)
  3. Menganalisa kompetitor
  4. Membuat konten yang baik
  5. Membangun popularitas, reputasi maupun link
  6. Lakukan audit secara berkala terhadap performa SEO

Langkah selanjutnya tentang bagaimana cara mengoptimasi halaman dan konten website untuk mesin pencari. Hal ini agar website kita selalu pada Page 1 Google. Apakah website kamu ingin selalu tampil di halaman pertama Google? 

Jawabannya Ya….

Oke, mari simak artikel selanjutnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel